Sebuah blog pembelajaran

Senin, Juli 19, 2010

Asal Tempel

Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan kemirisan hati saya saat pertama melihat Buku Pembelajaran Matematika Kelas VIII terbitan salah satu penerbit dari Jawa Tengah. Pun bagi teman seprofesi saya (Pak Guruh) yang menjadi guru model pada gambar/foto yang tertera di halaman 13 pada buku
tersebut.


Foto yang dimuat di Buku Pembelajaran Matematika

Foto tersebut diambil saat pelaksanaan Open Class tanggal 12 Nopember 2009 dalam kegiatan BERMUTU yang dilaksanakan oleh guru-guru matematika sekomisariat Pagaden kabupaten Subang provinsi Jawa Barat. Saya memang telah memuat foto dan ulasan mengenai kegiatan tersebut di blog saya ini (Myaghnee) dan di blog MGMP Matematika Komisariat Pagaden dengan judul yang berbeda.

Foto Asli

Ironisnya foto tersebut tidak relevan dengan isi bahasan materi Bab 2 (Relasi dan Fungsi), lebih pas kalau dimuat di Bab 1 (Bentuk Aljabar) karena foto tersebut menggambarkan seorang guru yang sedang mendemonstrasikan cara penggunaan kartu warna-warni pada operasi aljabar. Mungkin penulis buku tersebut (atau mungkin juga editornya) tidak membaca secara cermat tulisan pada kedua blog sumber foto tersebut. Alias asal copy paste.

Untunglah Pak Guruh sebagai guru modelnya juga berbesar hati dan sabar banget (iyalah.... namanya kan Guruh Sabar Gustiawan, S.Pd.) dan berkomentar "Saya jadi numpang tenar bu". Padahal bagaimana siswa atau guru (kecuali siswa dan guru di sekolah kami) pengguna buku tersebut bisa mengetahui nama beliau coba? Lha wong gak ada keterangan apa pun?

Saya tidak bermaksud menggugat atau menuntut siapa pun. Hanya saja mengingat buku tersebut ditulis oleh para pendidik, maka semestinya mereka mencantumkan sumber dari mana foto tersebut diperoleh sebagai bukti bahwa mereka mengerti tata krama penulisan buku pendidikan yang ilmiah dan beretika.

Saya pun akhirnya mencantumkan banner JACP (Jangan Asal Copy Paste) yang saya peroleh di http://anotherfool.wordpress.com/jacp/. Juga bukan untuk berlagak sok, hanya untuk mengingatkan agar tidak seenaknya asal tempel tulisan, foto, gambar, maupun ide. Karena semuanya itu adalah hasil karya intelektual seseorang yang mesti kita hargai, sebagai mana kita yang juga ingin dihargai oleh orang lain. Ya toh? Peace ... ah!


Share:

0 komentar:

Translate

Twitter