Sebuah blog pembelajaran

Minggu, Juli 22, 2018

Multi Subject Teaching (MST)


Penjelasan singkat dari Multi Subject Teaching atau MST  dapat diartikan sebagai penambahan kewenangan mengajar bagi guru mapel umum di jenjang SD dan SMP (di SMK dikenal dengan istilah program keahlian ganda). 
MST merupakan salah satu program baru dari Dirjen Pembinaan Guru Dikdas, Dirjen GTK Kemdikbud,  yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kompetensi guru agar dapat mengajar mata pelajaran lain yang serumpun dengan mapel sesuai kualifikasi yang telah dimiliki guru sebelumnya. Hal ini berarti guru yang telah mengikuti program MST dapat mengajar lebih dari 1 mapel.
Program MST diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan atas kekurangan guru pada mapel-mapel tertentu. Menurut ibu Sri Wardhani (Widya Iswara PPPPTK Matematika),  saat ini di Indonesia kekurangan sekitar 900 ribu guru pada SD, SMP, dan SMA.
Berdasarkan urutan jumlah kekurangan guru mapel yang terbanyak sementara ini adalah Guru Kelas dan PJOK pada jenjang SD, dan  ada 6 mapel serta 1 non mapel pada jenjang SMP yaitu:
1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. IPA
4. PKn
5. PJOK
6. Seni Budaya
dan BK (non mapel).
Adapun pelaksanaan program MST pada tahap awal untuk 6 mapel dan BK (jenjang SMP) serta Guru Kelas dan PJOK (jenjang SD). Pelatihan guru akan dilakukan selama 6 bulan dengan pola IN 1 - ON 1 - IN 2 - ON 2 - IN 3. 
Guru yang telah mengikuti program MST akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa sudah layak untuk mengajar mapel lain. Misalkan seorang guru matematika yang telah lulus pada program MST mapel IPA, maka ia memiliki kewenangan untuk mengajar mapel IPA. 
Kedepannya sertifikat yang diperoleh usai mengikuti pelatihan program MST diharapkan dapat diperhitungkan untuk pemenuhan jumlah jam wajib bagi guru yang telah mengikuti program sertifikasi. 
**Disarikan dari nara sumber kegiatan Uji Keterbacaan Modul Multi Subject Teaching.
Jakarta, 20 Juli 2018
The BnB Hotel




Tulisan ini telah dimuat di Kompasiana
Share:

0 komentar:

Translate

Twitter