Guru harus dapat membebaskan diri dari paradigma mengajar dan pembelajaran lama, yang memiliki ciri diantaranya sebagai berikut:
- Kegiatan pembelajaran berpusat pada guru
- Siswa ditempatkan sebagai obyek yang harus 'mau tidak mau' menerima ilmu dari guru
- Guru sebagai satu-satunya sumber belajar
- Siswa dianggap sebagai mahluk yang tidak dapat mencari pengetahuan, informasi, dan ilmu dari sumber lain
Saatnya para guru membuka pikiran/wawasannya, menyadari perannya sebagai pelayan bagi kebutuhan belajar siswa yang heterogen di kelas/sekolah. Sehubungan dengan hal tersebut, ada dua hal yang patut kita/guru renungkan untuk kemudian berusaha kita wujudkan, yaitu:
- Membudayakan kelas matematika yang produktif (Van de Walle, 2008: 31); dan
- Melakukan Pengembangan Pengajaran/Pembelajaran yang efektif (Van de Walle, 2008: 35)
Secara singkat dapat diuraikan sebagai berikut:
- Membudayakan kelas matematika yang produktif
Ciri-ciri budaya kelas matematika yang produktif adalah:
- Ide-ide adalah penting, tidak perduli milik siapa ide tersebut. Para siswa dapat memiliki ide-ide mereka sendiri dan membaginya dengan yang lain.
- Ide-ide harus dipahami bersama-sama di dalam kelas. Setiap siswa harus menghargai ide-ide dari temannya dan mencoba memiliki dan memahaminya.
- Kepercayaan harus dibangun dengan pemikiran bahwa membuat kesalahan tidak menjadi soal. Para siswa harus menyadari bahwa kesalahan adalah kesempatan untuk berkembang.
- Melakukan Pengembangan Pengajaran/Pembelajaran yang efektif,
diantaranya dengan:
- Siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan pemahaman mereka.
- Pengetahuan dan pemahaman adalah unik bagi setiap siswa.
- Berpikir reflektif adalah unsur yang paling penting untuk belajar secara efektif.
- Lingkungan sosial budaya berpengaruh terhadap peningkatan perkembangan ide matematika siswa.
- Model-model untuk ide-ide matematika membantu siswa mengungkapkan dan memperbincangkan ide-ide matematika.
- Pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
0 komentar:
Posting Komentar